Jurnal Syntax Transformation

Vol. 3, No. 2, Februari 2022

p-ISSN : 2721-3854 e-ISSN : 2721-2769

Sosial Sains

 

ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN, DISIPLIN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. KILOS BARASIAH SADAYANA  CIPUTAT

 

Purwanti

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Budi Luhur, Jakarta, Indonesia

Email:  purwanti0109@gmail.com

 

INFO ARTIKEL

ABSTRAK

Diterima

1 Februari 2022

Direvisi

12 Februari 2022

Disetujui

19 Februari 2022

Kendala yang sering terjadi adalah ketika jadwal pengiriman mengalami keterlambatan, dalam keadaan inilah perlu disiplin kerja yang baik agar bisa di tindak lanjuti sesegera mungkin sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah yang ada pada CV. Kilos Barasiah Sadayana  dimana Perkembangan sektor bisnis kebutuhan dasar rumah tangga Ciputat peluang bagi perusahaan kecil untuk sub pekerjaan sektoral. Memanfaatkan peluang dalam meraih konsumen, menciptakan persaingan antara perusahaan-perusahaan jasa laundry  serupa. Hal ini juga membuat setiap perusahaan harus menginovasi strategi pemasaran yang kreatif dalam mempromosikan jasa yang ditawarkan kepada target sasaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh yakni CV. Kilos Barasiah Sadayana  merupakan Usaha kecil dibidang kebutuhan rumah tangga (Laundry) di Ciputat Tangerang selatan. Usaha kecil dan menengah ini (UMKM)  ini melakasanakan kepemimpinan yang baik dengan karyawan, Tingkat displin yang baik yang mana sangat minim complain dari para konsumen. Dan juga motivasi karyawan dengan bentuk reward kepada karyawannya.

 

ABSTRACT

The obstacle that often occurs is when the delivery schedule is delayed, in these circumstances it needs good work discipline, so that it can be followed up as soon as possible so as not to cause disappointment from consumers This research aims to describe the problems that exist in the CV. Kilos Barasiah Sadayana  where the development of the business sector needs basic household needs (Laundry) opportunities for small companies for sub-sectoral jobs. Take advantage of opportunities to reach consumers, creating competition between similar repair service companies. This also makes every company must innovate a creative marketing strategy in selling goods offered to the target target. The type of research used in this writing is descriptive research, using a qualitative approach. The results obtained, namely CV. Kilos Barasiah Sadayana  is a small business in the field of household (Laundry) in Ciputat south tangerang. This small and medium-sized business (MSME) conducts good leadership with employees, employee motivation with the form of rewards to its employees. Moreover, also a good level of dyspline which is very minimal complaints from consumers.

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Disiplin dan Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keywords:

Leadership, Work Discipline and Motivation, Employee Performance


Pendahuluan

Sumber daya manusia sangat penting bagi organisasi atau perusahaan dalam mengatur, mengelola, dan memanfaatkan pegawai sehingga dapat berfungsi secara produktif dalam rangka untuk tercapainya tujuan organisasi (Riniwati, 2016). Sumber daya manusia suatu perusahaan perlu dikelola secara benar agar tercipta antara kebutuhan pegawai dengan tuntutan dan kemampuan perusahaan tersebut. Berkembangnya suatu perusahaan sangatlah bergantung pada kualitas kinerja dari tenaga kerja yang ada di perusahaan itu sendiri (Riniwati, 2016).

Kepemimpinan efektif memiliki peranan penting dan strategis untuk menentukan efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan kelompok dan organisasional (Luthans, 2006). Dan setiap pemimpin akan diminta pertanggung jawabannya kepada atasan yang mengangkatnya (Usman, 2019).

Motivasi sebagai pendorong atau pengerak perilaku ke arah pencapaian tujuan merupakan suatu siklus yang terdiri dari tiga elemen, yaitu adanya kebutuhan (needs), dorongan untuk berbuat dan bertindak (drives), dan tujuan yang diinginkan (goals). Dorongan tersebut memiliki komponen berupa arah perilaku dan kekuatan perilaku (Muhandri & Kadarisman, 2012). Selain itu, motivasi diartikan sebagai pendorong atau penggerak yang berasal dari dalam diri seseorang (Abnisa, 2020).

Disiplin kerja memberikan manfaat yang positif bagi organisasi, karena dengan adanya disiplin kerja dari dalam diri karyawan dapat menyelesaikan tugas sesuai dengan aturan standar kerja dan tepat waktu sesuai yang telah ditentukan (Yudiningsih et al., 2016). Menurut (Wirawan, 2009) menjelaskan mengenai disiplin yaitu sikap dan perilaku kepatuhan terhadap peraturan organisasi, prosedur kerja, kode etik, dan norma budaya organisasi lainnya yang harus dipatuhi.

Kepemimpinan, disiplin kerja dan Motivasi dibutuhkan sekali oleh para karyawan Dan mengingat pekerjaan antara satu bidang pekerjaan dengan bidang pekerjaan lainnya saling berkaitan sehingga jika ada salah satu bidang kerja yang mengalami kesalahan dalam bekerja maka semua pekerjaan akan menjadi terhambat (Nurjaya, 2021).

Kendala yang sering terjadi adalah ketika jadwal pengiriman mengalami keterlambatan, dalam keadaan inilah perlu disiplin kerja yang baik ,agar bisa di tindak lanjuti sesegera mungkin sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dari konsumen. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang kemudian akan dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah yang berjudul “Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Kilos Barasiah Sadayana Ciputat.”

 

Metode Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif (Moleong, 2021). Penelitian deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada, baik fenomena alamiah maupun fenomena buatan manusia. Fenomena itu bisa berupa bentuk, aktivitas, karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena yang satu dengan fenomena lainnya (Sukmadinata, 2006).

Teknik pengumpulan observasi yang digunakan adalah participant observation, yaitu dimana peneliti terlibat secara langsung dalam kegiatan sehari-hari pada CV. Kilos Barasiah Sadayana Ciputat.

 Sebagai sumber data. Teknik pengumpulan dengan cara wawancara yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, yaitu peneliti hanya memuat poin-poin penting pada kasus CV. Kilos Barasiah Sadayana Ciputat.

 

Hasil dan Pembahasan

1.    Penerapan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja

kepemimpinan  di dalam  CV. Kilos Barasiah Sadayana Ciputat.yang efektif tidak dapat tercapai tanpa inklusi penuh, inisiatif dan kerja sama karyawan. Oleh karenanya pemberian arahan telah dilakukan agar karyawan bekerja sesuai dengan SOP.

2.    Penerapan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan CV. Kilos Barasiah Sadayana CiputaSelama ini semua karyawan CV. Kilos Barasiah Sadayana  sudah bekerja dengan disiplin yaitu sesuai aturan yang berlaku, selain disiplin waktu dalam bekerja karyawan juga dituntut disiplin dalam bekerja hal ini dilakukan agar meminimalisir keluhan pelanggan (Sutanto & Suwondo, 2015). Agar kesalahan sekecil apapun bisa terhindar, CV. Kilos Barasiah Sadayana akan memberikan sanksi yang tegas terhadap pelanggaran disiplin yang dilakukan karyawan, hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerugian usaha serta kepuasan konsumen.

3.    Penerapan Motivasi Dalam Meningkatkan Kinerja

Motivasi sebagai pendorong atau pengerak perilaku ke arah pencapaian tujuan merupakan suatu siklus yang terdiri dari tiga elemen, yaitu adanya kebutuhan (needs), dorongan untuk berbuat dan bertindak (drives), dan tujuan yang diinginkan (goals). Dorongan tersebut memiliki komponen berupa arah perilaku dan kekuatan perilaku

4.       Penerapan kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan CV. Kilos Barasiah Sadayana Kepemimpinan menunjukkan suatu hubungan pengaruh antara pemimpin dan pengikut untuk mencapai tujuan bersama dalam situasi tertentu (Silalahi, 2011).

Motivasi adalah serangkaian sikap dan nilai - nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai dengan tujuan individu. Sikap dan nilai tersebut merupakan suatu yang invisible yang memberikan kekuasan untuk mendorong individu untuk bertingkah laku dalam pencapaian tujuan (Rivai & Sagala, 2011).

Disiplin kerja merupakan tindakan manajemen mendorong pegawai memenuhi tuntutan berbagai ketentuan tersebut. Pendisiplinan pegawai adalah suatu bentuk pelatihan yang berusaha memperbaiki dan membentuk pengetahuan, sikap dan perilaku pegawai sehingga para pegawai tersebut secara sukarela berusaha berkerja secara kooperatif dengan para pegawai yang lain serta meningkatkan prestasi kerjanya (Rumondor et al., 2016).

Kepemipinan yang baik (Yudiningsih et al., 2016) memberikan pengaruh postif akan kinerja karyawan agar tercipta nya tujuan Bersama (Ghoniyah, 2011). Selain itu Motivasi perusahaan berupa reward atau punishment untuk memacu kinerja  karyawan agar menghasilkan suatu produk atau jasa yang baik untuk konsumen

Sesuai pemaparan disiplin kerja menyampaikan manfaat yang positif bagi organisasi, karena dengan adanya disiplin kerja berasal dalam diri karyawan dapat merampungkan tugas sinkron dengan aturan baku kerja dan tepat ketika sinkron yang sudah ditentukan. dengan demikian dapat membantu menaikkan kinerja karyawan. Disiplin kerja yang dapat direalisasikan dengan baik akan bisa mengurangi karyawan pada melakukan tindakan yang menyimpang

 

Kesimpulan

CV. Kilos Barasiah Sadayana ialah usaha kecil dibidang kebutuhan rumah tangga (Laundry) di Ciputat Tangerang Selatan. Usaha kecil serta menengah ini (UMKM) ini melakasanakan kepeimpinan yang baik dengan karyawan, motivasi karyawan dengan bentuk reward pada karyawannya serta jua tingkat displin yang baik yang mana sangat minim keluhan dari para konsumen.

 

BIBLIOGRAFI

Abnisa, A. P. (2020). Konsep Motivasi Pembelajaran. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(02), 124–142. Google Scholar

 

Ghoniyah, N. (2011). Peningkatan Kinerja Karyawan melalui Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komitmen. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 2(2). Google Scholar

 

Luthans, F. (2006). Organizational Behavior (terjemahan). Yogyakarta: Andi, 637. Google Scholar

 

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Google Scholar

 

Muhandri, T., & Kadarisman, D. (2012). Sistem Jaminan Mutu Industri Pangan. PT Penerbit IPB Press. Google Scholar

 

Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60–74. Google Scholar

 

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumberdaya Manusia: Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM. Universitas Brawijaya Press. Google Scholar

 

Rivai, V., & Sagala, E. J. (2011). Edisi Kedua Manajemen Sumber daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Cetakan Keempat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. Google Scholar

 

Rumondor, R. B., Tumbel, A., & Sepang, J. L. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kanwil Ditjen Kekayaan Negara Suluttenggomalut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2). Google Scholar

 

Silalahi, U. (2011). Kepercayaan Publik kepada Pemerintah Daerah Pasca Orde Baru. JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 11(02). Google Scholar

 

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Graha Aksara.

 

Sutanto, E. M., & Suwondo, D. I. (2015). Hubungan lingkungan kerja, disiplin kerja, dan kinerja karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2), 135–144. Google Scholar

 

Usman, H. (2019). Kepemipinan Efektif: Teori, Kepemimpinan, Dan Praktik. Bumi Aksara. Google Scholar

 

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia: teori, aplikasi, dan penelitian. Salemba empat.

 

Yudiningsih, N. M. D., Yudiaatmaja, F., Yulianthini, N. N., & SE, M. M. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Google Scholar

 


 


 


 



Copyright holder :

Purwanti (2022)

 

First publication right :

Jurnal Syntax Transformation

 

This article is licensed under: