Pentingnya Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Literasi dan Kemampuan Kognitif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0

  • Farida Noor Isnaini Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Kemampuan kognitif, Literasi, Pendidikan jasmani

Abstract

Pendidikan jasmani menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang mengutamakan aktivitas dan kegiatan fisik yang berhubungan dengan perkembangan jasmani, mental, emosional dan sosial sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kognitif bagi peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pentingnya pendidikan jasmani bagi peserta didik sekolah dasar untuk meningkatkan literasi dan kemampuan kognitifnya khususnya di era Revolusi Industri 4.0. Peran pendidikan jasmani dalam era Revolusi Industri 4.0 ini tidak kalah penting bagi mata pelajaran lainnya sehingga peran pendidikan jasmani akan berhubungan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi masa depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik dan analysis content sehingga peneliti tidak hanya menjelaskan, tetapi turut menganalisis permasalahan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini bahwa pendidikan jasmani memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, tetapi lebih dari itu pendidikan jasmani dapat meningkatkan literasi dan kemampuan kognitifnya. Peserta didik dalam pendidikan jasmani tidak hanya melakukan komunikasi dengan kelompoknya, tetapi akan mengeksplorasi dan memahami informasi dalam menentukan strategi, serta akan mencari jalan keluar atas permasalahan yang terjadi. Pendidikan jasmani dalam Revolusi Industri 4.0 ini akan memiliki kaitan, karena dalam era Revolusi Industri 4.0 ini memerlukan sumber daya manusia yang tinggi dari segi jasmani dan rohani

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-23