Pentingnya Pendidikan Jasmani dalam Meningkatkan Literasi dan Kemampuan Kognitif Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Pendidikan jasmani menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah dasar yang mengutamakan aktivitas dan kegiatan fisik yang berhubungan dengan perkembangan jasmani, mental, emosional dan sosial sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kognitif bagi peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pentingnya pendidikan jasmani bagi peserta didik sekolah dasar untuk meningkatkan literasi dan kemampuan kognitifnya khususnya di era Revolusi Industri 4.0. Peran pendidikan jasmani dalam era Revolusi Industri 4.0 ini tidak kalah penting bagi mata pelajaran lainnya sehingga peran pendidikan jasmani akan berhubungan dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi masa depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik dan analysis content sehingga peneliti tidak hanya menjelaskan, tetapi turut menganalisis permasalahan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini bahwa pendidikan jasmani memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental, tetapi lebih dari itu pendidikan jasmani dapat meningkatkan literasi dan kemampuan kognitifnya. Peserta didik dalam pendidikan jasmani tidak hanya melakukan komunikasi dengan kelompoknya, tetapi akan mengeksplorasi dan memahami informasi dalam menentukan strategi, serta akan mencari jalan keluar atas permasalahan yang terjadi. Pendidikan jasmani dalam Revolusi Industri 4.0 ini akan memiliki kaitan, karena dalam era Revolusi Industri 4.0 ini memerlukan sumber daya manusia yang tinggi dari segi jasmani dan rohani
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.