Kajian Karakter Tokoh Pandawa dalam Kisah Mahabharata Diselaraskan dengan Pendidikan Karakter Bangsa Indonesia
Abstract
Wayang telah diakui UNESCO sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Namun secara nyata ditemui fakta di kalangan generasi muda bangsa Indonesia yang masih rendah atas pemahaman budaya wayang, khususnya pada kisah mahabharata. Secara spesifik, seringkali dijumpai masih awamnya generasi muda di lingkungan pendidikan formal yang memahami karakter tokoh pandawa dalam kisah mahabharata. Pada sisi yang lain juga generasi muda Indonesia sedang didorong untuk memiliki karakter yang sesuai dengan program pendidikan karakter bangsa Indonesia. Artikel yang disusun berupa kajian pustaka ini bertujuan untuk mengkaji karakter tokoh Pandawa dalam kisah Mahabharata untuk kemudian diselaraskan dengan pendidikan karakter bangsa Indonesia di dalam lingkungan pendidikan formal. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologis. Metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan merupakan sebuah penelitian yang memberikan gambaran secara menyeluruh terhadap objek yang diteliti secara sistematis dengan mendeskripsikan tokoh Pandawa dalam kisah Mahabharata. Melalui pemahaman tokoh Pandawa dalam kisah Mahabharata ini, maka penulis mengharap akan terciptanya sebuah upaya optimalisasi pendidikan karakter dalam setiap jenjang lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang ada di Indonesia. Dan pada akhirnya kita dapat menghasilkan generasi masa depan bangsa yang unggul sebagai sumber daya manusia yang memiliki keunggulan kompetensi sekaligus berkarakter holistik sebagai perwujudan membangun peradaban kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.