Main Article Content

Sri Endang Mulyaningsih

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Mojo, bahwa teknik pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik siswa, sehingga prestasi belajar siswa untuk belajar relatif rendah. Mengingat hal tersebut, sebaiknya penyampaian pelajaran dengan metode pembelajaran yang menarik sangat diharapkan, karena aktivitas belajar pada anak tergantung pada cara guru dalam menyampaikan pelajaran. Oleh karena itu peneliti menggunakan Metode RME (Realistic Mathematic Education) Berbasis Scientific Approach  dalam meningkatkan hasil belajar Matematika materi bangun ruang. Pembelajaran menggunakan metode Metode RME (Realistic Mathematic Education) Berbasis Scientific Approach ini diharapkan dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan PTK ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan rendahnya keaktifan siswa khususnya mata pelajaran matematika materi bangun ruang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses pembelajaran bangun ruang dengan menggunakan Metode RME (Realistic Mathematic Education) Berbasis Scientific Approach. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, catatan lapangan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan Metode RME (Realistic Mathematic Education) Berbasis Scientific Approach. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode RME (Realistic Mathematic Education) Berbasis Scientific Approach dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Matematika. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil tes awal 54.4 pada siklus I menjadi 65.0 dan pada siklus II naik menjadi 75