Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi
Abstract
Madrasah merupakan stikholder pendidikan garda terdepan yang secara langsung bertugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dalam menjalankan peran sebagai lembaga pendidikan, madrasah harus dikelola dengan baik agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dengan optimal melalui visi pendidikan. Visi pendidikan berbasis agama menitikberatkan pada penanaman nilai-nilai ajaran Agama sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak, pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta berkarakter mulia, dalam tinjauan Filsafat merupakan perwujudan pengabdian yang optimal kepada sang pencipta melalui potensi yang dimilikinya, yaitu potensi spiritual dan intelektual. Basis Psikologi memiliki kekuatan dalam memahami karakter sesama pembelajar dalam proses pembelajaran. lingkungan belajar yang baik menjadi peran penting dalam proses mencapai visi pendidika dari basis Sosiologi.
Downloads
References
Arifin, Z. (2020). Sosiologi Pendidikan. Sahabat Pena Kita.
Basri. (2019). Landasan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1), 53–68.
Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666.
Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakartat: Rosda Karya.
Muhtadi, A. (2010). Strategi untuk mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti secara efektif di sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan, 17(1), 1–12.
Muslim, M. (2017). Membangun Visi Perusahaan. Esensi, 20, 144–152.
Muslim, M. I., & Perdhana, M. S. (2017). Glass ceiling: sebuah studi literatur. Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), 28–38. https://doi.org/10.14710/jbs.26.1.28-38.
Novianti, N. (2015). Peranan Psikologi Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 55–60.
Nurhidayah. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.
Rosmayati, S., Latifah, E. D., & Maulana, A. (2020). Psikologi Pendidikan"Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran". Widina Bhakti Persada Bandung.
Sodikin, O., Hendriady, D., Sauri, S., & Fathullah, F. K. (2021). Komunikasi Dan Human Relation Pemimpin Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 14–31.
Su’dadah. (2014). Doktoranda Alumni IAIN Sunaan kalijaga Yogyakarta Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Guru PAI pada SMPN Kedungbanteng I Kedungbanteng Banyumas. Pendidikan Budi Pekerti, 2(1), 132–141.
Sudaryono, P. K. D. P. P. (2014). Budaya dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 8(2), 60–69.
Windaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 123–140. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1017.
Copyright (c) 2023 Achmad Saefurridjal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.