Visi Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

  • Achmad Saefurridjal Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Faiz Karim Fatkhullah Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Abdul Rohman Universitas Islam Nusantara, Indonesia
  • Samsudin Universitas Islam Nusantara, Indonesia

Abstract

Madrasah merupakan stikholder pendidikan garda terdepan yang secara langsung bertugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dalam menjalankan peran sebagai lembaga pendidikan, madrasah harus dikelola dengan baik agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan yang telah dirumuskan dengan optimal melalui visi pendidikan. Visi pendidikan berbasis agama menitikberatkan pada penanaman nilai-nilai ajaran Agama sebagai pedoman mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak, pengembangan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang Maha Esa serta berkarakter mulia, dalam tinjauan Filsafat merupakan perwujudan pengabdian yang optimal kepada sang pencipta melalui potensi yang dimilikinya, yaitu potensi spiritual dan intelektual. Basis Psikologi memiliki kekuatan dalam memahami karakter sesama pembelajar dalam proses pembelajaran. lingkungan belajar yang baik menjadi peran penting dalam proses mencapai visi pendidika dari basis Sosiologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, C., & Rahmatullah, R. (2020). Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 70–87. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.356.

Arifin, Z. (2020). Sosiologi Pendidikan. Sahabat Pena Kita.

Basri. (2019). Landasan Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Calam, A., & Qurniati, A. (2016). Merumuskan Visi dan Misi Lembaga Pendidikan. Jurnal Saintikom, 15(1), 53–68.

Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi Sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666.

Moelong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakartat: Rosda Karya.

Muhtadi, A. (2010). Strategi untuk mengimplementasikan Pendidikan Budi Pekerti secara efektif di sekolah. Jurnal Dinamika Pendidikan, 17(1), 1–12.

Muslim, M. (2017). Membangun Visi Perusahaan. Esensi, 20, 144–152.

Muslim, M. I., & Perdhana, M. S. (2017). Glass ceiling: sebuah studi literatur. Jurnal Bisnis Strategi, 26(1), 28–38. https://doi.org/10.14710/jbs.26.1.28-38.

Novianti, N. (2015). Peranan Psikologi Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2), 55–60.

Nurhidayah. (2017). Psikologi Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.530.

Rosmayati, S., Latifah, E. D., & Maulana, A. (2020). Psikologi Pendidikan"Landasan untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran". Widina Bhakti Persada Bandung.

Sodikin, O., Hendriady, D., Sauri, S., & Fathullah, F. K. (2021). Komunikasi Dan Human Relation Pemimpin Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi, Dan Sosiologi. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 14–31.

Su’dadah. (2014). Doktoranda Alumni IAIN Sunaan kalijaga Yogyakarta Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, Guru PAI pada SMPN Kedungbanteng I Kedungbanteng Banyumas. Pendidikan Budi Pekerti, 2(1), 132–141.

Sudaryono, P. K. D. P. P. (2014). Budaya dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumanto, E. (2019). Esensi, Hakikat, dan Eksistensi Manusia (Sebuah Kajian Filsafat Islam). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 8(2), 60–69.

Windaningrum, F. (2019). Analisis Relevansi Visi, Misi, Tujuan, dan Kurikulum Antara SMKN 1 Kedawung Sragen dan SMKN 1 Bawen Semarang. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 123–140. https://doi.org/10.35905/alishlah.v17i2.1017.
Published
2023-01-23