Analisis Proses Pengambilan Keputusan Di UKM Menggunakan Model Pengambilan Keputusan Strategis

Abstract

Proses pengambilan keputusan merupakan suatu proses yang sangat krusial bagi sebuah organisasi dimana hasil dari suatu keputusan mencerminkan keefektifan, kinerja dan kesuksesan suatu organisasi. Perusahaan kecil seperti UKM memiliki peran dan dan kontribusi yang sangat penting dalam pengembangan ekonomi modern dunia. Proses pengambilan keputusan di UKM berbeda dengan proses pengambilan keputusan dalam organisasi besar dimana seluruh keputusan operasional termasuk tingkatan strateginya sehingga proses pengambilan keputusan tersebut menjadi suatu hal yang sangat krusial dan penting bagi kelangsungan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pengambilan keputusan di UKM berdasarkan model pengambilan keputusan strategis dan juga memetakan proses pengambilan keputusan tersebut berdasarkan strategi pemasaran yang digunakan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana membandingkan proses pengambilan keputusan di UKM dengan menggunakan model pengambilan keputusan strategis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam digunakan untuk mendapatkan data dengan mengikuti alur pengambilan keputusan yang dibagi menjadi 3 fase yaitu identifikasi, pengembangan dan seleksi. Hasil penelitian ini berupa alur pengambilan keputusan di UKM serta model yang digunakan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan model pengambilan keputusan strategis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-23