Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 16 Ogan Komering Ulu pada Masa Pandemi Covid19
Abstract
Penelitian ini dilakukan saat pembelajaran masa pandemi COVID19 bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa COVID19 secara teori dan praktis di SMP Negeri 16 Ogan Komering Ulu, metode yang dilakukan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan sampel purposive dimana peneliti secara sengaja sesuai dengan karakteristik dan layak menjadi sampel. Hasil penelitian didapat dari hasil belajar dan kuesioner evaluasi pembelajaran dengan perspektif program pembelajaran, dengan hasil belajar yaitu nilai rata-rata peserta didik dikelas VIIIA=88,8, nilai setoran hafalan=80, dan nilai ujian tengah semester=92,2. Dan hasil uji validitas dan realibilitas dari kuesioner program pembelajaran menyatakan bahwa semua pernyataan dari kuesioner adalah valid berdasarkan hasil r hitung>r tabel dan hasil realibilitas adalah 0.977 menyatakan bahwa kuesioner realibel atau handal. Dengan kesimpulan bahwa COVID19 tidak menjadi penghalang untuk dapat melakukan pembelajaran dimanapun dan kapanpun berada dengan kondisi di pelosok desa sekalipun.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.