Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 16 Ogan Komering Ulu pada Masa Pandemi Covid19

  • Desi Permata Sari Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia
  • Santi Lisnawati Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan saat pembelajaran masa pandemi COVID19 bertujuan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa COVID19 secara teori dan praktis di SMP Negeri 16 Ogan Komering Ulu, metode yang dilakukan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan sampel purposive dimana peneliti secara sengaja sesuai dengan karakteristik dan layak menjadi sampel. Hasil penelitian didapat dari hasil belajar dan kuesioner evaluasi pembelajaran dengan perspektif program pembelajaran, dengan hasil belajar yaitu nilai rata-rata peserta didik dikelas VIIIA=88,8, nilai setoran hafalan=80, dan nilai ujian tengah semester=92,2. Dan hasil uji validitas dan realibilitas dari kuesioner program pembelajaran menyatakan bahwa semua pernyataan dari kuesioner adalah valid berdasarkan hasil r hitung>r tabel dan hasil realibilitas adalah 0.977 menyatakan bahwa kuesioner realibel atau handal. Dengan kesimpulan bahwa COVID19 tidak menjadi penghalang untuk dapat melakukan pembelajaran dimanapun dan kapanpun berada dengan kondisi di pelosok desa sekalipun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-23