Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar

  • Arif Andriansyah STPMD “APMD” Yogyakarta
Keywords: Quality, Administrative Services

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Kampar, yang meliputi pelayanan pembuatan KTP, KK, perbuatan dan sebagainya. Terdapat beberapa permasalahan terkait dengan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Peneliti melihat dari aspek sarana dan prasaraa masih belum maksimal terlihat dari kondisi kantor pelayanan nampaknya kurang terawat terlihat dari beberapa atap-atap bangunan kantor pelayanan masih banyak yang rusak ditambah lagi dengan masih kurangnya kursi diruang tunggu pelayanan atau dibeberapa sudut ruangan pelayanan, hal tersebut membuat masyarakat merasa kurang nyaman saat melakukan pelayanan secara langsung. Metode penelitian yang digunakan oleh para peneliti adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas, Sekretaris, Kepala Dinas Kependudukan, Kepala Dinas Kependudukan dan masyarakat sebagai pengguna jasa itu sendiri sehingga jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar sudah cukup baik terlihat dari Petugas pelayanan sudah berpakaian sesuai dengan SOP yang ada, petugas pelayanan selalu responsif dalam menanggapi berbagai keluhan masyarakat dan petugas selalu membimbing masyarakat yang tidak mengerti cara mengurus dokumen kependudukan, ketepatan waktu penyelesaian dokumen kependudukan sudah sesuai dengan SOP yang ada dan sikap petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat ramah. Kendala dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan meliputi kondisi alam, luas wilayah dan keterbatasan jaringan internet di beberapa desa dan kecamatan serta sarana dan prasarana yang tidak memadai untuk menunjang pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-23