Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Nesia Jaya Indonesia

Abstract

Setiap perusahaan harus memberikan yang terbaik kepada pelanggan agar tercapainya kepuasan pelanggan. Oleh karena itu setiap perusahaan dituntut untuk bekerja keras dan berkembang supaya bisa bersaing dengan pesaing lainnya. Perusahaan harus mengetahui perubahan-perubahan di sekitar lingkungan baik dari luar maupun dari dalam. Informasi-informasi yang sedang tren dan pengetahuan yang luas diperlukan dalam suatu pemasaran. Perusahaan harus menentukan strategi agar bisa menyaingi pesaingnya. PT Nesia Jaya Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan spare part motor. PT Nesia Jaya Indonesia merupakan salah satu distributor pada bidang spare part motor. Di dirikan sejak bulan mei 2015 yang berlokasi di Kota Batam. Menawarkan spare part motor harus memperhatikan daya tahan suatu produk, apabila daya tahan produk masa gunanya terlalu singkat dapat mengurangi kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruhnya kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan ini. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari perusahaan ini yang berjumlah 187 orang dan sampel yang didapatkan sebanyak 128 responden dengan menggunakan rumus slovin. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan analisis linear berganda. Analisis ini mencakup: validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, pengujian hipotesis melalui uji t dan F dengan menggunakan analisis data SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan, bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Untuk variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Neisa Jaya Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-23